Whatsapp

SYARAT DAN KETENTUAN
PENGGUNAAN SITUS/APLIKASI BANUM

Perhatian: Pengguna diwajibkan untuk membaca syarat dan ketentuan berikut (“SK BANUM”) sebelum melakukan kegiatan pemanfaatan atau mengakses situs/aplikasi website Banum. SK Banum dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan melanjutkan untuk mengakses atau menggunakan atau melakukan pendaftaran dan/atau registrasi pada situs/aplikasi Banum, Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh SK Banum ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Pengguna dengan Kami. Kami berhak untuk menghentikan atau membatasi akses Pengguna terhadap situs/aplikasi Banum sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna dianjurkan untuk mengunjungi situs/aplikasi Banum secara berkala agar dapat mengetahui adanya perubahan tersebut.

I. Definisi

Kecuali konteksnya menentukan lain, istilah-istilah dan ungkapan-ungkapan di dalam SK Banum ini memiliki arti sebagai berikut:

“Badan" adalah suatu perkumpulan atau lembaga yang menurut Peraturan Yang Berlaku memenuhi syarat untuk menjadi Pengguna.

“Kebijakan Privasi” adalah ketentuan terkait data pribadi yang mengikat setiap Pengguna yang melakukan akses atau pemanfaatan situs/aplikasi Banum.

“Banum” adalah PT Banum Inovasi Global, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, yang merupakan pemilik dan penyelenggara situs/aplikasi Banum.

“Pengguna" adalah pihak baik Perorangan atau Badan, yang mengakses dan/atau memanfaatkan situs/aplikasi Banum. Untuk menghindari keraguan, penyebutan kata ‘Saya’ dan ‘Anda’ merujuk pada Pengguna, yaitu pihak yang melakukan setiap akses dan/atau pemanfaatan situs/aplikasi Banum.

“Peraturan Yang Berlaku" adalah peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Badan Pemerintah yang relevan.

“Perorangan" adalah individu yang memenuhi syarat sesuai Peraturan Yang Berlaku untuk menjadi Pengguna.

“SK Banum" adalah keseluruhan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk dan wajib dipatuhi serta mengikat setiap Pengguna yang melakukan akses atau pemanfaatan situs/aplikasi Banum.

II. Umum

    1. Untuk dapat mengakses dan memanfaatkan situs/aplikasi Banum, Pengguna harus memiliki akun yang terdaftar pada sistem Banum.

    2. Banum hanya bertindak sebagai pengelola dan pemilik dari situs/aplikasi Banum.

    3. Banum dalam hal ini merupakan sarana penyedia jasa untuk produk-produk bantuan yang berada dalam situs/aplikasi Banum, di mana produk tersebut dikelola oleh pihak-pihak yang telah bekerjasama dengan Banum dan telah memiliki izin penyelenggaraan kegiatan usaha dari instansi pemerintah terkait.

    4. Banum tidak memberikan jaminan apapun atas keuntungan yang akan diperoleh Pengguna dari produk-produk bantuan yang tersedia dan dilakukan pada situs/aplikasi Banum.

    5. Dengan melakukan permohonan bantuan melalui situs/aplikasi Banum sebagai sarana penyedia jasa untuk produk-produk bantuan, Pengguna secara sadar bersedia bertanggung jawab secara penuh atas segala tindakan yang dilakukannya, dan membebaskan Banum, termasuk anak perusahaan, afiliasi, pemegang saham, direksi, pejabat, karyawan sepenuhnya dari segala tuntutan, kerugian, pembayaran maupun ongkos apapun yang timbul yang diderita oleh Banum atau yang diajukan kepada Banum baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk antara lain biaya penasihat hukum dan biaya perkara, yang berkaitan dengan dilaksanakannya atau tidak dilaksanakannya instruksi bantuan dari Pengguna.

    6. Banum beserta pihak pengelola produk bantuan yang ada dalam situs/aplikasi Banum bertanggung jawab atas kelancaran proses bantuan Pengguna meliputi proses pendaftaran dan pengerjaan agar dapat terlaksana dan tersampaikan dengan baik.

    7. Pengguna telah mempelajari seluruh pilihan produk bantuan yang ditawarkan melalui situs/aplikasi Banum, karenanya Banum tidak bertanggung jawab atas setiap pemilihan produk bantuan tersebut.

    8. Setiap informasi dan data yang diterima oleh Banum melalui situs/aplikasi Banum akan diteruskan ke masing-masing pihak pengelola produk bantuan yang dipilih oleh Pengguna. Dan dengan ini, Pengguna memberikan persetujuannya kepada Banum untuk meneruskan data yang dikumpulkan melalui situs/aplikasi Banum kepada pihak-pihak yang mengelola produk bantuan sesuai dengan pilihan Pengguna. Dengan demikian Banum berhak untuk mengumpulkan, menyimpan, dan/atau meneruskan informasi dan data tersebut.

    9. Sepanjang tidak bertentangan dengan SK Banum ini, setiap syarat dan ketentuan umum yang berlaku dan tercantum dalam situs/aplikasi Banum (termasuk pengaturan terkait besaran biaya jasa/fee) dinyatakan tetap berlaku secara penuh, dan Pengguna dengan ini tunduk pada syarat dan ketentuan tersebut.

    10. Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi SK Banum ini. Apabila Anda menggunakan situs/aplikasi Banum secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi SK Banum maka tindakan tersebut dianggap sebagai bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut. Apabila Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut, Anda diminta berhenti mengakses dan/atau menggunakan situs/aplikasi Banum.

    11. Pengguna dapat mengakses dan memanfaatkan situs/aplikasi Banum setelah melengkapi semua dokumen-dokumen identitas Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengguna dengan ini menerangkan dan menyatakan telah membaca, mengetahui, memahami, dan menyetujui sepenuhnya SK Banum. Dengan menyetujui SK Banum ini, maka Pengguna tunduk dan terikat pada SK Banum, Kebijakan Privasi, Ketentuan Bantuan, Tata Cara Bantuan, serta ketentuan-ketentuan lain yang ditetapkan oleh pihak-pihak pengelola produk bantuan yang ada pada situs/aplikasi Banum, beserta perubahan atau ketentuan tambahannya jika ada, untuk keperluan pelaksanaannya.

    12. Banum mempunyai hak untuk menolak permohonan pembuatan akun jika:

      1. Dokumen pendukung identitas Pengguna tidak lengkap atau tidak benar; dan

      2. Pengguna melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan cara yang disyaratkan dalam pembuatan akun berdasarkan SK Banum.

    13. Banum berhak membatasi dan menghentikan akses Pengguna dalam menggunakan situs/aplikasi Banum untuk penggunaan bantuan pada produk-produk bantuan yang terdapat pada situs/aplikasi Banum setiap saat dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dengan alasan antara lain sebagai akibat dari proses pemeliharaan dan perbaikan sistem, Pengguna melakukan pelanggaran atas ketentuan yang diatur dalam SK Banum ini atau perjanjian lain antara Banum dengan Pengguna atau diketahui adanya penyimpangan lain yang berkaitan dengan tindakan penggunaan rekening bantuan atau penggunaan bantuan oleh Pengguna.

    14. Pengguna menyetujui bahwa kesalahan dan/atau kelalaian penggunaan seluruh fitur dari situs/aplikasi Banum oleh Pengguna adalah merupakan tanggung jawab dan risiko Pengguna sendiri. Informasi yang disampaikan melalui situs/aplikasi Banum bukan merupakan saran, ajakan, rekomendasi, atau arahan dari Banum kepada Pengguna untuk menggunakan produk bantuan tertentu.

    15. Pengguna dengan ini membebaskan Banum dan anak perusahaan, afiliasi, pemegang saham, direksi, pejabat, karyawan dari segala bentuk tanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan produk bantuan yang diakibatkan, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh segala gangguan, penghapusan, kesalahan, penundaan pengoperasian atau transmisi, virus komputer, kerusakan jaringan komunikasi, pencurian atau perusakan, memperoleh secara tidak sah, perubahan atau penggunaan informasi di luar sistem elektronik yang disediakan oleh Banum.

    16. Selain SK Banum ini, Pengguna akan terikat dengan syarat dan ketentuan lain terkait dengan kegiatan bantuan yang telah ditentukan untuk masing-masing produk bantuan pada situs/aplikasi Banum.

    17. Dengan melanjutkan untuk menggunakan, mengakses, dan/atau memanfaatkan situs/aplikasi Banum, maka Pengguna memberikan kuasa dan persetujuan kepada Banum untuk meneruskan data pribadi yang dimiliki oleh Pengguna kepada mitra usaha dan/atau pihak ketiga lainnya dalam rangka pelaksanaan proses verifikasi dan pemrosesan data pribadi sehubungan dengan pembukaan akun atau pemrosesan bantuan yang dilakukan oleh Pengguna yang dilakukan melalui situs/aplikasi Banum.

III. Keterbukaan Informasi Tentang Pengguna

Kewenangan untuk Mengungkapkan Informasi

    1. Dengan ini, Pengguna memberikan persetujuan dan kuasa kepada Banum untuk memberikan informasi mengenai data dan informasi Pengguna apabila diminta/diperlukan oleh pihak pihak yang tersebut di bawah ini:

      1. Pihak-pihak pengelola produk bantuan yang terdapat pada situs/aplikasi Banum dalam rangka pelaksanaan know your customer, bantuan secara online, dan pengolahan data pribadi lainnya yang diperlukan sehubungan dengan kegiatan bantuan yang dilakukan oleh Pengguna;

      2. Mitra usaha atau pihak ketiga lain sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha atau pihak ketiga lain tersebut, termasuk di antaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Banum telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi atau layanan khusus yang tersedia pada situs/aplikasi Banum atau situs/aplikasi di luar situs/aplikasi Banum, seperti penggunaan bantuan secara online, dan pengolahan data pribadi lainnya yang diperlukan sehubungan dengan kegiatan bantuan yang dilakukan oleh Pengguna pada situs/aplikasi yang diselenggarakan;

      3. Banum dapat menyediakan data Pengguna kepada vendor, konsultan, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan operasional Banum maupun pelaksanaan kemitraan dengan mitra usaha atau pihak ketiga lain, termasuk untuk peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan Banum.

      4. Instansi pemerintah yang relevan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia yang membutuhkan informasi mengenai Pengguna;

      5. Perusahaan Afiliasi Banum dalam kaitannya dengan akses dan/atau permohonan penggunaan yang dilakukan oleh Pengguna untuk setiap produk bantuan yang tersedia pada situs/aplikasi Banum.

      6. Pengguna berjanji tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkan Banum tidak dapat memberikan informasi sebagaimana dimaksud pada bagian ini. Untuk keperluan tersebut, dengan ini Pengguna membebaskan Banum dari segala kerugian dan tuntutan hukum yang mungkin diderita oleh Pengguna sebagai akibat dari disampaikannya informasi mengenai Pengguna kepada pihak-pihak tersebut di atas oleh Banum.

    2. Persetujuan dan kuasa yang diberikan oleh Pengguna kepada Banum sebagaimana dimaksud dalam angka 1 di atas tidak dapat ditarik kembali sepanjang Pengguna menggunakan fitur-fitur atau layanan-layanan pada situs/aplikasi Banum, yang secara sah dapat dilakukan Banum tanpa diperlukan tambahan surat persetujuan dan/atau kuasa tersendiri dari Pengguna.

    3. Terkait pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian data pribadi Pengguna, seperti nama, alamat surat elektronik, dan nomor telepon genggam Pengguna yang Pengguna berikan ketika Pengguna membuka akun Banum dapat dilihat lebih lanjut pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SK Banum ini.

IV. Penghentian Akses Kegiatan Bantuan

    1. Banum berhak untuk menghentikan layanan kegiatan bantuan, dengan menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu mengenai penghentian tersebut, baik penghentian sementara atau penghentian secara permanen, tanpa kewajiban untuk meminta persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna, kepada Pengguna maupun kepada pihak lain manapun.

    2. Akses kegiatan bantuan akan dihentikan sementara waktu oleh Banum apabila:

      1. Pengguna meminta kepada pihak penyelenggara produk bantuan melalui situs/aplikasi Banum untuk menghentikan akses layanan kegiatan bantuan sementara waktu.

      2. Pemohon salah memasukkan Kode Akses sebanyak 3 kali berturut-turut.

      3. Banum melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    3. Akses kegiatan bantuan akan dihentikan secara permanen oleh Banum apabila:

      1. Pengguna meminta kepada pihak penyelenggara produk bantuan melalui situs/aplikasi Banum untuk menghentikan akses layanan kegiatan bantuan secara permanen.

      2. Pengguna menutup akun yang terdaftar pada sistem Banum.

      3. Banum melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    4. Untuk melakukan aktivasi kembali, Pengguna wajib melakukan permintaan pengaktifan kembali akses kegiatan bantuan melalui customer service/call center jika akses kegiatan bantuan dihentikan sementara waktu. Jika akses kegiatan bantuan diberhentikan secara permanen, maka Pemohon wajib melakukan registrasi ulang.

V. Indemnifikasi

    1. Banum tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, kehilangan, tuntutan, maupun gugatan yang dialami Pengguna yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Pengguna yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Pengguna. Antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada pihak penyelenggara produk bantuan melalui situs/aplikasi Banum, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja dan kelalaian pihak penyelenggara produk bantuan dan/atau Banum selaku penyedia layanan kegiatan bantuan.

    2. Pengguna secara sadar bersedia bertanggung jawab secara penuh atas segala tindakan yang dilakukannya dan membebaskan Banum dan anak perusahaan, afiliasi, pemegang saham, direksi, pejabat, karyawan dan pemberi lisensi ("Pihak Banum") sepenuhnya dari segala tuntutan, kerugian, pembayaran maupun biaya apapun yang timbul yang diderita oleh Pengguna baik secara langsung maupun tidak langsung, yang berkaitan dengan dilaksanakannya atau tidak dilaksanakannya instruksi dari Nasabah, termasuk antara lain biaya penasehat hukum dan biaya perkara.

VI. Biaya-Biaya

Pengguna bertanggung jawab terhadap segala biaya, klaim, kerusakan, kerugian, atau kewajiban lainnya yang timbul dan diderita oleh Pengguna sebagai akibat ketidakmampuan atau kesalahan Pengguna dalam menggunakan layanan kegiatan bantuan atau yang ditimbulkan sebagai akibat terganggunya akses pada layanan kegiatan bantuan.

VII. Force Majeure

Banum tidak dapat diminta pertanggungjawabannya untuk suatu keterlambatan atau tertundanya pemenuhan kewajiban berdasarkan SK Banum ini, yang diakibatkan oleh suatu sebab yang berada diluar kemampuan atau kekuasaan Banum (force majeure), sepanjang pemberitahuan tertulis mengenai hal itu disampaikan kepada Pengguna dalam waktu tidak lebih dan 3x24 (tiga kali dua puluh empat) jam sejak timbulnya force majeure tersebut. Yang dimaksud dengan force majeure dalam syarat dan ketentuan ini antara lain, namun tidak terbatas pada, peristiwa-peristiwa kebakaran, bencana alam (seperti gempa bumi, banjir, angin topan, petir), pemogokan massal, huru-hara, peperangan, dan adanya perubahan terhadap peraturan perundang-undangan.

VIII. Pengguna Meninggal Dunia

    1. Jika Pengguna meninggal dunia, maka ahli waris atau pihak yang diberikan kuasa untuk mewakili Pengguna wajib menyampaikan pemberitahuan kepada Banum mengenai ahli waris sah yang ditunjuk untuk diteruskan kepada pihak pengelola produk bantuan dalam hal produk bantuan yang dimiliki Pengguna akan dijual dengan menyampaikan akta kematian, surat keterangan ahli waris, akta wasiat, dan dokumen lain yang menurut pertimbangan Banum diperlukan untuk mengetahui (para) ahli waris yang berhak atas produk bantuan yang dimiliki oleh Pengguna yang telah meninggal dunia tersebut.

    2. Dengan penyerahan produk bantuan Pengguna yang meninggal dunia kepada (para) ahli waris atau pelaksana wasiat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana yang disebutkan dalam surat keterangan hak waris atau surat wasiat atau dokumen lainnya, maka Banum akan menutup akun atas nama Pengguna dan Banum dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan, tanggung jawab, dan/atau klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan penyerahan kekayaan produk bantuan Pengguna dimaksud.

IX. Lain-lain

    1. Hal Lain dan Perubahan

      Hal-hal yang belum diatur oleh SK Banum ini atau apabila ada hal-hal yang perlu diubah, ditambah atau diganti akan dibuat aturannya oleh Banum sesuai dengan ketentuan internal dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    2. Kewenangan Menandatangani

      Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna dan/atau pihak yang ditunjuk/diberi kewenangan untuk menandatangani dokumen atau memberikan persetujuan serta berhak dan mempunyai kewenangan untuk membuat menandatangani, dan menyetujui pembukaan akun pada sistem Banum, dan karenanya terikat kepada SK Banum ini serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    3. Pemberi Kuasa

      Pengguna dapat memberikan kuasa kepada pihak (Pihak) yang ditunjuk oleh Pengguna untuk menjalankan hak-hak yang timbul atas akun bantuan pada sistem Banum, termasuk memberikan instruksi kepada Banum, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan Banum.

    4. Hukum yang Berlaku

      Mengenai Syarat dan Ketentuan ini dan segala akibat hukumnya akan berlaku hukum Negara Republik Indonesia.

    5. Penyelesaian Perselisihan dan Domisili Hukum

      Semua perselisihan dan perbedaan pendapat yang mungkin timbul dalam pelaksanaan Perjanjian akan diselesaikan secara musyawarah, dan apabila timbul persoalan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, dalam 20 (dua puluh) hari setelah terjadinya perselisihan maka perselisihan pengaduan konsumen wajib diselesaikan terlebih dahulu dengan Banum. Jika tidak tercapai kesepakatan penyelesaian pengaduan, maka Pengguna dan Banum dapat melakukan penyelesaian sengketa melalui Badan Alternatif Penyelesaian Sengketa, atau Pengadilan Negeri.

Bantu Kami membangun aplikasi bantuan yang sesuai kebutuhanmu

Unduh aplikasi Banum di Android dan bergabunglah bersama mereka yang telah menggunakan aplikasi Banum